Selasa, 13 Desember 2011

Warga Resah, Buaya Sering Muncul Di Sungai


TUGUMULYO- Populasi buaya di wilayah Desa L Sidoharjo diperkirakan meningkat yang ditandai dengan bertambah banyaknya jumlah buaya yang berkeliaran dibarengi meluasnya sebaran. Demikian dikemukakan Mahmudi, Kepala Desa (Kades) L Sidoharjo kepada Musirawas Ekspres, Senin (5/12).    

Menurut Kades, kondisi ini sangat mencemaskan warga, sebab rata-rata sungai tempat buaya berkeliaran merupakan sumber daya alam yang berperan penting kehidupan masyarakat dan rata-rata membentang di perkampungan penduduk.


Menurut keterangan warga, lanjut Kades, kemunculan buaya sudah berlangsung sejak setahun terakhir. Kemunculan makhluk dari keluarga crocodylidae ini tidak hanya terbatas di sungai-sungai pedalaman, tapi telah merambah ke aliran sungai-sungai di perkampungan.

Setahun yang lalu melihat seekor buaya besar berkeliaran di sungai itu. Diperkirakan itulah buaya yang pernah coba menerkam seorang yang sedang berada di sungai, namun luput. "Hanya kakinya saja yang terluka," kata Kades. 

Buaya akhir-akhir ini terlihat bertambah banyak dengan ukuran yang digambarkan sudah lumayan besar dengan panjang sekitar 3 hingga 4 meter. Hingga kini warga tidak tahu persis dari mana asal muasal buaya. “Namun banyak yang mengatakan kalau buaya ini adalah buaya dari Sadar Karya. Karena sungai ini masih dalam aliran sungai itu. dan dahulu ada warga disana yang menjadi korban terkaman buaya,” jelas Kades. 

Dikatakannya, agar ketakutan masyarakat terhadap buaya yang berukuran cukup besar tersebut hilang. Dia berharap pemerintah mengambil langkah cepat, terutama menangkap buaya tersebut hidup-hidup.

Dulu sudah pernah diusulkan ke pemerintah yang ditanggapi dengan memasang papan informasi yang berisi larangan agar tidak beraktifitas disungai. Kita tidak cuma menginginkan papan larangan tetapi upaya untuk mengatasi buaya yang sering muncul itu. Kita tak ingin ada korban, baru pemerintah bertindak,” harap Kades. (ufa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More