Selasa, 13 Desember 2011

Program 1 Desa 4 Penyuluh Belum Terealisasi



MEGANGSAKTI–Jumlah tenaga penyuluh petanian di Kabupaten Musi Rawas dinilai masih belum ideal. Program Pemkab Mura yang mencanangkan setiap satu desa harus memiliki empat tenaga penyuluh pertanian belum terealisasi.
“Saat ini, dalam satu desa baru terisi oleh satu tenaga penyuluh. Itupun banyak yang bolos. Parahnya, banyak penyuluh yang tidak memberikan pendidikan kepada para petani. Padahal, tujuannya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) petani,” jelas Siti Rusnani (44) warga Desa Megang Sakti II kepada Musirawas Ekspres. 

   
Seharusnya, menurut dia, jika pemerintah tidak merealisasikan satu desa empat penyuluh, maka pemerintah seharusnya membekali penyuluh yang ada dengan pengetahuan yang mencakup kegiatan penyuluhan pertanian seperti pertanian, peternakan, kehutanan dan perkebunan.   
“Pengetahuan satu penyuluh yang ada harus polipalen yakni mencakup pertanian, peternakan, kehutanan dan perkebunan. Penyuluh harus mencari informasi  teknologi ke perguruan tinggi. Dari informasi itu disampaikan ke petani lalu dievaluasi kepada pertanian cocok atau tidak serta mengembangkan kelompok tani,” jelasnya. 
Kendalanya saat ini, pemerintah kurang menyiapkan dana tenaga penyuluh berangkat ke perguruan tinggi untuk menambah ilmu. Selain itu, tenaga penyuluh kebanyakan tidak mau ditempatkan didaerah terpencil. “Akhirnya tenaga penyuluh itu hanya bermalas-malasan,” tandas Siti. (ufa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More